Langsung ke konten utama

Pidato Bahasa Indonesia Membentuk Pemuda Tangguh

Tema : Membentuk Pemuda Tangguh

Assalamula’alaikum Wr.Wb
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْكَرِيْمِ الْمَنَانِ, ذِي الْفَضْلِ وَالْإِنْعَامِ وَالرِّضْوَانِ, اَلَّذِيْ مَنَّ عَلَيْنَا بِالْإِيْمَانِ وَالْإِسْلَامِ وَالْإِحْسَانِ, وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ الْأَخْيَارِ, أَمَّا بَعْدُ
Yang saya hormati…
Hadirin hadirot rohimakumulloh.

Tiada  untaian kata yang patut kita ucapkan kecuali rasa syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, atas nikmat sehat yang diberikan kepada kita. Sholawat beriring Salam semoga tetap kekal abadi kepada putranya Abdullah, buah hatinya Siti Aminah, Muhammad SAW, yang telah memberi kabar gembira kepada ummat yang bertaqwa dan kabar duka bagi umat yang durhaka.

Saudara-saudaraku seiman yang saya cintai,
Pada kesempatan yang mulia ini saya akan menyampaikan pidato saya yang bertema “Membentuk Pemuda Tangguh

Pemuda dan pemudi yang saya cintai,
Masa muda merupakan masa  yang  penuh  dengan  harapan,  penuh  dengan  cita-cita dan penuh dengan romantika kehidupan cinta. Keindahan masa muda, dihiasi dengan bentuk fisik yang masih kuat, berjalan masih cepat, penglihatan dan pendengaran masih akurat, pikiran masih cermat, kulit wajah masih indah mengkilat, walaupun banyak jerawat. Oleh karena itu pantas bila para pemuda merupakan salah satu penentu maju dan mundurnya suatu bangsa.
 شُبَّانُ اليَوْمِ رِجَالُ الغَدّ
“pemuda hari ini adalah pemimpin di masa yang akan datang”.

Saudara-saudaraku seperjuangan yang saya banggakan,
Prof. Dr. BJ. Habibi mengatakan; setidaknya ada lima kelamahan yang harus dihindari oleh para pemuda, yakni; lemah harta, lemah fisik, lemah ilmu, lemah semangat hidup, dan yang sangat ditakutkan adalah lemah akhlak. Jika lima kelemahan ini melekat pada generasi-generasi pemuda, saya yakin mereka bukan sebagai pelopor pembangunan melainkan sebagai virus pembangunan, penghambat pembangunan, bahkan penghancur pembangunan bangsa.
Oleh karenanya, agar tercipta pemuda yang tangguh, paling tidak harus memiliki dua pondasi utama :
Pertama, disiplin waktu, baik itu disiplin belajar maupun disiplin berolahraga agar jasmani kita sehat dan hidup menjadi bersemangat. pemuda tidak boleh bermalas-malasan, jika bermalas-malasan maka tunggu saja masa depan yang suram dan mengenaskan. Sebab manusia pemalas tidak akan pernah merasakan manisnya madu, tapi akan tenggelam dalam pahitnya empedu. Tiada bahagia tanpa derita, tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Kemalasan di masa muda adalah kehancuran di masa tua.

Kedua, jujur. Baik itu jujur terhadap orang lain, dan jujur terhadap diri sendiri. Karena kejujuran akan mendatangkan kepercayaan dan kekayaan, sedangkan kebohongan akan mendatangkan musibah dan kemiskinan.
  
Rekan-rekan santri, calon-calon pemimpin bangsa rohimakumulloh,
mulai saat ini, mari olah rasa kita agar iman melekat, olah rasio kita agar ilmu meningkat, dan tingkatkan belajar kita agar prestasi meningkat.
Saya akhiri…

Wassalamula’alaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato Bahasa Indonesia Adab Kepada Guru

Tema : Adab Kepada Guru Assalamu’alaikum Wr. Wb. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالأَعْمَلْ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى أَلِهِ وَالصَّحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة. أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Serta para pelajar rohimakumulloh Tiada kata yang pantas diucapkan, selain rasa syukur kepada Alloh SWT karena atas berkat kuasanya kita dapat hadir pada malam hari ini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun. Allohumma sholli ‘ala Muhammad SAW, semoga kita bisa meneladaninya dan mendapatkan syafa’atnya. Hadirin Hadirot rohimakumulloh. Dewasa ini, akhlak/moral/sopan santun para pelajar banyak mengalami kemerosotan, banyak murid yang membangkang bahkan melawan gurunya. padahal guru harus dihormati dan dimuliakan. Sebab guru adalah   orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penyair berkata :  وَقْنَعْ بِجَهْلِكَ اِنْ جَف

Pidato Bahasa Indonesia Sholat Adalah Tiang Agama

Tema : Sholat Adalah Tiang Agama Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Alloh SWT yang telah memberikan kepada kita kesempurnaan akal serta kesehatan badan. Kedua, Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, sebagai nabi pembawa rahmat dan satu-satunya nabi pemberi syafa’at fiyaumil kiyamat. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pada kesempatan yang penuh barokah ini, saya akan menyampaikan pidato saya dengan tema “Sholat adalah Tiang Agama”. Hadirin hadirot rohimakumull

Pidato Bahasa Indonesia Tanda-Tanda Orang Munafik

Tema : Tanda-Tanda Orang Munafik Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Puji syukur kita panjatkan kehadirot Alloh SWT yang telah memberikan kita iman, islam dan kesempurnaan akal. Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, nabi pembawa rahmat untuk semesta alam. Hadirin hadirot rohimakumulloh, “lain dimulut lain dihati " itulah pribahasa yang cocok dengan apa yang akan saya sampaikan kali ini, karena saya akan berpidato dengan tema “tanda-tanda orang munafik”. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Munafik adalah sala