Langsung ke konten utama

Pidato Bahasa Indonesia 6 Nasihat Imam Al-Ghozali

Tema : 6 Nasihat Imam Al-Ghozali

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ بِفَضْلِهِ اتَّقَى اْلمُتَقُوْنَ رَبَّهُمْ، وَبِفَضْلِهِ ازْدَلَفَ إِلَى جَنَّاتِ الكَرَامَة. أَشْهَدُ أَنْ لَا اله إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أله وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أما بعد.
Yang saya hormati…
Hadirin hadirot rohimakumulloh,

Puji syukur kehadirat Allah SWT, dzat yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hambanya atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.
Sholawat beriring Salam semoga tetap tercurahkan kepada Beliau Rosululloh Muhammad SAW, sang pelopor kebenaran dan suri tauladan umat manusia.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang bertema “6 Nasihat Imam Al-Ghozali”.
Suatu hari, Imam Al-Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya, kemudian beliau bertanya : “Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”
Murid-muridnya menjawab : “orang tua, guru dan sahabat”.
“Benar”, kata Imam Al Ghozali, “tetapi yang paling dekat dengan kita adalah mati”.
Kenapa demikan, karena kematian akan datang kapan saja, terkadang jauh terasa, padahal dekat dalam kenyataannya dan tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
Imam Ghozali kembali bertanya, “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”.
Murid-muridnya menjawab : “negara Cina, bulan, matahari dan bintang-bintang”.
“Benar”, kata Imam Al Ghozali, “tapi yang paling tepat adalah masa lalu”.
Hal ini sangatlah tepat, seperti pepatah bilang “waktu adalah sesuatu yang paling berharga. Emas, harta bisa dicari tapi waktu yang sudah berlalu tak mungkin hadir kembali”.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Lalu, pertanyaannya beliau yang ketiga adalah “Apa yang paling besar di dunia ini?”.
Murid-muridnya menjawab : “gunung, bumi dan matahari”.
“Semua jawaban itu benar”. kata Imam Ghozali. “tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah nafsu”.
Pengendalian hawa nafsu adalah kunci dalam hidup ini. Nafsu merupakan hal yang paling menentukan dalam hal kemuliaan hidup.
Pada pertanyaan keempat beliau adalah, “Apa yang paling berat di dunia ini?”.
Murid-muridnya menjawab : “besi dan gajah”.
“benar”, kata Imam Al Ghozali, “tetapi jawaban yang tepat dari apa yang paling berat di dunia ini adalah memegang amanah”.
Perihal memegang amanah ini, tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, bahkan malaikatpun tidak sanggup ketika Allah SWT meminta kepada mereka untuk menjadi kholifah (pemimpin) di dunia ini, tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupinya, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
Pertanyaan Imam Al Ghozali yang kelima adalah, “Apa yang paling ringan di dunia ini”?. Ada yang menjawab “kapas, angin, debu dan daun-daunan”.
“Semua jawaban itu benar” kata Imam Al Ghozali, “tapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan sholat”.
Sungguh ironis, padahal sholat wajib hukumnya namun sholat menjadi hal termudah untuk dilewatkan kemudian dilupakan dan tanpa ada beban.
Dan pertanyaan terakhir Imam Al Ghozali kepada murid-muridnya adalah, “Apakah yang paling tajam di dunia ini?”.
Murid-muridnya menjawab dengan serentak, “pedang”.
“Benar” kata Imam Al Ghozali, “tapi yang paling tajam di dunia ini adalah lidah manusia”
Melalui lidah, sekali kita salah bertutur kata, maka akan menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Hadirin hadirot rohimakumulloh,
itulah 6 pertanyaan kepada murid-muridnya sekaligus sebagai nasihat untuk kita semua. Dan mudah-mudahan kita selalu ingat bahwa kematian akan segera tiba, sehingga kita dapat mengendalikan nafsu, menjalankan sholat, menjaga lidah dan dapat memegang amanah.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato Bahasa Indonesia Adab Kepada Guru

Tema : Adab Kepada Guru Assalamu’alaikum Wr. Wb. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالأَعْمَلْ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى أَلِهِ وَالصَّحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة. أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Serta para pelajar rohimakumulloh Tiada kata yang pantas diucapkan, selain rasa syukur kepada Alloh SWT karena atas berkat kuasanya kita dapat hadir pada malam hari ini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun. Allohumma sholli ‘ala Muhammad SAW, semoga kita bisa meneladaninya dan mendapatkan syafa’atnya. Hadirin Hadirot rohimakumulloh. Dewasa ini, akhlak/moral/sopan santun para pelajar banyak mengalami kemerosotan, banyak murid yang membangkang bahkan melawan gurunya. padahal guru harus dihormati dan dimuliakan. Sebab guru adalah   orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penyair berkata :  وَقْنَعْ بِجَهْلِكَ اِنْ جَف

Pidato Bahasa Indonesia Sholat Adalah Tiang Agama

Tema : Sholat Adalah Tiang Agama Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Alloh SWT yang telah memberikan kepada kita kesempurnaan akal serta kesehatan badan. Kedua, Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, sebagai nabi pembawa rahmat dan satu-satunya nabi pemberi syafa’at fiyaumil kiyamat. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pada kesempatan yang penuh barokah ini, saya akan menyampaikan pidato saya dengan tema “Sholat adalah Tiang Agama”. Hadirin hadirot rohimakumull

Pidato Bahasa Indonesia Tanda-Tanda Orang Munafik

Tema : Tanda-Tanda Orang Munafik Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Puji syukur kita panjatkan kehadirot Alloh SWT yang telah memberikan kita iman, islam dan kesempurnaan akal. Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, nabi pembawa rahmat untuk semesta alam. Hadirin hadirot rohimakumulloh, “lain dimulut lain dihati " itulah pribahasa yang cocok dengan apa yang akan saya sampaikan kali ini, karena saya akan berpidato dengan tema “tanda-tanda orang munafik”. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Munafik adalah sala