Langsung ke konten utama

6 PERTANYAAN IMAM AL GHOZALI KEPADA MURID-MURIDNYA

6 Pertanyaan Imam Al Ghozali kepada murid-muridnya

Suatu ketika Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya, lalu Imam Al Ghozali bertanya, coba kalian jawab, Apa yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?”. Murid-muridnya menjawab, “orang tua, guru, dan sahabat”. “semua jawaban itu benar, tetapi yang paling dekat dengan kita adalah mati”. kata Imam Al Ghozali.
Kematian adalah sesuatu yang tiada seorangpun tahu kapan ia akan datang, terkadang ia jauh terasa, padahal ia dekat dalam kenyataannya, yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.
Lalu Imam Ghozali meneruskan pertanyaannya yang kedua, “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?”. Murid -muridnya menjawab “negara Cina, bulan, matahari dan bintang-bintang”. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang mereka berikan itu adalah benar. “tapi yang paling tepat adalah masa lalu”.
Seperti pepatah bilang “waktu adalah sesuatu yang paling berharga. Emas, harta bisa dicari tapi waktu yang sudah berlalu tak mungkin hadir kembali”.
Kemudian Imam Al Ghozali meneruskan dengan pertanyaan yang ketiga “Apa yang paling besar di dunia ini?”. Murid-muridnya menjawab, “gunung, bumi dan matahari”. “semua jawaban itu benar”, kata Imam Ghozali. “tapi yang paling besar dari yang ada di dunia ini adalah nafsu”.
Pengendalian nafsu adalah kunci dalam hidup ini. Itulah pesan tersembunyi dari Imam Al-Ghazali. Bahwa nafsu adalah hal paling besar, dan merupakan hal yang paling menentukan.
Kemudian Imam Al-Ghazali meneruskan pada pertanyaan keempatnya, “Apa yang paling berat di dunia ini?”. Murid-murid beliau ada yang menjawab “besi dan gajah”. “semua jawaban adalah benar”, kata Imam Al Ghozali, “tetapi jawaban yang tepat dari apa yang paling berat di dunia ini adalah memegang amanah”.
Perihal memegang amanah ini, Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semuanya tidak ada yang sanggup ketika Allah swt meminta kepada mereka untuk menjadi kholifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya menyanggupi permintaan Allah swt, sehingga banyak dari manusia masuk ke neraka karena ia tidak dapat memegang amanahnya.
Pertanyaan Imam Al Ghozali yang kelima adalah, “Apa yang paling ringan di dunia ini”?. Ada yang menjawab “kapas, angin, debu dan daun-daunan”. “Semua jawaban itu benar” kata Imam Al Ghozali, “tapi yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan Sholat”.
Sholat adalah hal pertama yang ditanyakan Allah swt kepada manusia. Namun anehnya, meski sholat adalah wajib hukumnya untuk dilaksanakan namun sholat menjadi hal termudah untuk dilewatkan kemudian dilupakan dan tanpa ada beban.

Dan pertanyaan keenam Imam Al Ghozali kepada murid-muridnya adalah, “Apakah yang paling tajam di dunia ini?”. Murid-muridnya menjawab dengan serentak, “pedang”. “Benar” kata Imam Al Ghozali, “tapi yang paling tajam adalah lidah manusia”. Karena dengan ‘lidah’, Manusia selalu menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pidato Bahasa Indonesia Adab Kepada Guru

Tema : Adab Kepada Guru Assalamu’alaikum Wr. Wb. اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى فَضَّلَ بَنِى آدَمَ بِالْعِلْمِ وَالأَعْمَلْ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ. وَعَلَى أَلِهِ وَالصَّحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَة. أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Serta para pelajar rohimakumulloh Tiada kata yang pantas diucapkan, selain rasa syukur kepada Alloh SWT karena atas berkat kuasanya kita dapat hadir pada malam hari ini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun. Allohumma sholli ‘ala Muhammad SAW, semoga kita bisa meneladaninya dan mendapatkan syafa’atnya. Hadirin Hadirot rohimakumulloh. Dewasa ini, akhlak/moral/sopan santun para pelajar banyak mengalami kemerosotan, banyak murid yang membangkang bahkan melawan gurunya. padahal guru harus dihormati dan dimuliakan. Sebab guru adalah   orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penyair berkata :  وَقْنَعْ بِجَهْلِكَ اِنْ جَف

Pidato Bahasa Indonesia Sholat Adalah Tiang Agama

Tema : Sholat Adalah Tiang Agama Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Alloh SWT yang telah memberikan kepada kita kesempurnaan akal serta kesehatan badan. Kedua, Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, sebagai nabi pembawa rahmat dan satu-satunya nabi pemberi syafa’at fiyaumil kiyamat. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Pada kesempatan yang penuh barokah ini, saya akan menyampaikan pidato saya dengan tema “Sholat adalah Tiang Agama”. Hadirin hadirot rohimakumull

Pidato Bahasa Indonesia Tanda-Tanda Orang Munafik

Tema : Tanda-Tanda Orang Munafik Assalamu’alaikum Wr. Wb. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ Yang saya hormati… Hadirin hadirot rohimakumulloh, Puji syukur kita panjatkan kehadirot Alloh SWT yang telah memberikan kita iman, islam dan kesempurnaan akal. Sholawat serta Salam semoga tetap terlimpah curahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW, nabi pembawa rahmat untuk semesta alam. Hadirin hadirot rohimakumulloh, “lain dimulut lain dihati " itulah pribahasa yang cocok dengan apa yang akan saya sampaikan kali ini, karena saya akan berpidato dengan tema “tanda-tanda orang munafik”. Hadirin hadirot rohimakumulloh, Munafik adalah sala